Sabtu, 02 April 2011

Mengenal "Debugging"

Sangat akrab ditelinga kita istilah “bug” terutama yang berhubungan dengan program baru yang diluncurkan. Baik program professional maupun program aplikasi yang dibuat oleh para developer local.
Kalau kita mengingat-ingat pada awal tahun 1940an komputer pada saat ini hanya diletakkan di sebuah gedung kecil tanpa pendingin atau AC. Seperti halnya saat ini pada developer dan peneliti umumnya bekerja siang malam tanpa kenal lelah dan waktu. Ketika itu di suatu malam para peneliti membuka jendela untuk medinginkan gedung dan komputer tersebut, pionir komputer Grace Hopper sedang meluangkan waktu mencari dan memecahkan masalah yang mengganggu operasi komputer kala itu. Ternyata setelah diselidiki diketahui ada ngengat (bug) yang tertarik pada panas dan cahaya komputer dan masuk melalui jendela yang terbuka lalu terperangkap di antara tombol-tombol mekanik dan mengakibatkan gangguan pada sistem komputer.
Para peneliti hampir setiap malam menemukan ngengat yang terjebak di komputer. Akhirnya banyak orang mempercayai inilah awal ungkapan “debugging” dalam dunia komputer.
#

0 komentar:

Posting Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...