Jumat, 01 April 2011

Layout Buku Dengan Word 2007

Saat ini sangat mudah menulis dan menerbitkan buku, terutama buku-buku yang akan dishare gratis kepada masyarakat. Umumnya buku-buku yang dishare tersebut berupa e-Book atau buku elektronik.
Baik buku elektronik maupun buku konvensional setelah naskahnya diketik rapi kemudian dilayout lalu di print untuk menghasilkan dokumentasi dalam bentuk cetakan. Kalau mau diterbitkan secara konvensional tinggal bawa ke penerbit atau dicetak sendiri dan selesai. Kalau buku konvensional tersebut akan dicetak tentu memerlukan biaya yang cukup besar, tetapi kalau buku yang kita buat tersebut akan dijual ke penerbit tentu saja tidak masalah karena semua pembiayaan mulai dari proses editing, cetak sampai penjualan penerbitlah yang bertanggung jawab. Tetapi kalau dibiayai sendiri selain memerlukan biaya besar juga harus diperhitungkan masalah distribusi dan penjualannya.
Kalau buku yang kita buat dan akan dipublikasikan melalui web dan diberikan secara gratis kepada masyarakat, buku bernama e-Book dan tentu saja tidak memerlukan biaya banyak. Tetapi tentu saja dari segi materi kita tidak mendapatkan apa-apa, kecuali memang tujuannya untuk share kepada masyarakat.
Untk memudahkan, sebaiknya Anda menggunakan template yang sudah ada. Suatu saat apabila sudah menguasai Microsoft Word dengan baik Anda bisa saja tidak pemanfaatan template yang disediakan Microsoft Word. Namun untuk kali ini tetap gunakan template yang berhubungan dengan buku yang sedang dan akan Anda kerjakan.
  1. Setelah Microsoft Word 2007 aktif tampilkan Office Button dan klik New. Setelah itu akan tampil jendela atau kotak dialog New Document
  2. Klik tombol scroll bar ke bawah untuk mencari template buku dan klik More Categories dan biarkan komputer bekerja
  3. Klik Books dan biarkan Word melaksanakan tugasnya
  4. Klik salah satu pilihan yang sesuai dengan seeting buku Anda
  5. Klik tombol Download. Dalam hal ini pastikan komputer Anda sedang terkoneksi ke jaringan Internet
  6. Klik Continues untuk proses download template secara online
Setelah Anda menekan tombol download dan continues, template buku yang Anda pilih sudah tampil di jendela document Microsoft Word 2007. Sekarang Anda tinggal mengisi dokumen buku yang sedang Anda kerjakan. Dalam hal ini buku yang sedang Anda kerjakan adalah WordPad, maka mulailah perlahan-lahan memasukkan dokumen dan gambar ke dalam template tersebut.
Untuk memasukkan dokumen atau naskah buku klik saja di depan teks yang akan menggantikan teks template dengan teks yang akan Anda ketikkan. Sebagai contoh Volume 3 akan Anda ubah menjadi Volume 1 tinggaklik saja di depan teks tersebut, begitu juga untuk mengganti teks di kolom Administrative Anda klik saja di depan tek tersebut dan ketikkan teks baru. Sedangkan untuk menghapus teks yang ada dalam template Anda tinggak klik tombol delete atau bisa juga dengan mebloknya terlebih dahulu dan tekan tombol delete di papan ketik.
#

0 komentar:

Posting Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...