Jumat, 01 April 2011

Desain dan Themes Ms.Office

Sebuah desain sangat penting dalam sebuah presentasi. Dengan desain yang baik dan indah akan menampilkan sebuah slide presentasi yang baik dan tidak membosankan.
Fasilitas desain yang disediakan Microsoft PowerPoint 2007 ini cukup baik dan banyak pilihan. Bahkan apabila tidak tersedia dalam daftar themes, Anda bisa mendownloadnya melalui situs resminya, yaitu www.microsoft.com, kemudian Anda masuk ke Microsoft Office 2007.
Sebenarnya untuk menentukan desain ini bisa dilakukan ketika Anda akan membuat suatu slide presentasi. Namun apabila terlanjur dibuat dan ingin mengubah desain tersebut Anda bisa menggunakan pilihan desain ini. Selain itu, kadang-kadang suatu slide harus dibedakan antara satu halaman slide dengan halaman lainnya, maka pilihan desain theme ini merupakan salah satu solusi yang bisa diambil.
Memilih Themes
Microsoft PowerPoint 2007 menyediakan banyak pilihan themes yang bisa digunakan untuk memperindah halaman slide yang sedang dikerjakan. Di sini Anda bisa mengganti satu halaman selide, halaman tertentu saja atau seluruh halaman slide. Jika Anda mengambil halaman tertentu Anda harus menentukan halaman mana saja yang akan diubah tampilan themesnya. Karena jika tidak ditentukan Microsoft PowerPoint 2007 akan mengubah seluruh halaman slide tersebut dengan themes yang dpilih.
Jika Anda belum menemukan themes yang sesuai, maka salah satu solusinya adalah dengan cara mengambilnya dari file themes yang tersedia di dalam komputer Anda. Namun apabila tidak juga ditemukan yang sesuai Anda harus mendownloadnya melalui Microsoft Office Online. Di situs ini sudah tersedia banyak pilihan themes untuk dodownload dan digunakan untuk memperindah halaman slide presentasi Anda.
Mengganti Themes Slide Tertentu
Untuk mengganti halaman slide terlebih dahulu Anda harus memanggl atau membuka slide yang akan dikerjakan. Itu pun kalau Anda akan mengubah desain dari slide tersebut.
Sebagai bahan latihan berikut ini adalah langkah yang harus Anda lakukan untuk mengubah tampilan slide.
  • Tampilkan atau buka salah satu file slide yang akan ditangani, misalnya LATIHAN. Setelah itu file yang akan ditangani segera tampil di layar komputer Anda
  • Klik salah satu slide yang akan diubah themes dan desainnya, misalnya halaman ke dua
  • Klik menu Desain
  • Pilih kanan di salah satu themes yang akan digunakan, setelah itu segera tampil pilihan yang bisa digunakan, yaitu Apply to All Slides, Apply to Selected Slides, Set as Default Theme, dan Add Gallery to Quick Access Toolbar.
  • Untuk latihan ini Anda pilih Apply to Selected Slides.
Mengganti Themes Semua Slide
Untuk mengganti seluruh halaman slide pada prinsipnya sama seperti Anda mengganti satu halaman slide yang sudah dijelaskan di atas. Hanya untuk kali ini Anda harus menggunakan pilihan Apply to All Slides.
Sebagai bahan latihan berikut ini adalah langkah yang harus Anda lakukan untuk mengubah tampilan slide.
  • Tampilkan atau buka salah satu file slide yang akan ditangani, misalnya LATIHAN. Setelah itu file yang akan ditangani segera tampil di layar komputer Anda
  • Klik menu Desain
  • Pilih kanan di salah satu themes yang akan digunakan, lalu pilih dan klik Apply to All Slides. Dengan demikian seluruh halaman slide Anda secara otomatis akan berubah sesuai dengan themes yang dipilih.
Mengatur Warna
Slide yang sudah diatur themesnya bisa diatur dan disesuaikan, mulai warna tampilan sampai dengan warna huruf. Untuk pekerjaan ini Anda harus berada pada pilihan menu Design.
Untuk melihat secara utuh dari warna yang ada dalam pilihan tersebut Anda cukp menekan tombol scrolbar ke bawah atau bisa juga dengan menempatkan pointer mouse di paling bawah tepatnya pada titik-titik sehingga pointer mouse berubah menjadi tanda anak panah. Kemudian klik mouse Anda lalu tarik ke bawah dan semua pilihan warna akan ditampilkan.
Mengambil Pilihan Warna
Untuk mengambil pilihan warna Anda bisa melakukannya dengan mudah. Di sini banyak pilihan warna yang bisa digunakan untuk memperindah dan mempertegas penampilan slide Anda.
Sebagai gambaran berikut ini adalah langkah yang harus Anda lakukan untuk mengubah tampilan warna slide Anda. Tampilan warna ini akan mengubah seluruh komponen slide Anda. Di sini Anda bisan menentukan halaman slide dan bisa juga mengubah seluruh halaman dalam slide Anda.
  • Tampilkan salah satu slide yang akan ditangani, misalnya LATIHAN. Setelah slide tersebut ada di layar komputer Anda kemudian klik menu Design
  • Klik salah satu halaman slide yang akan diubah warnanya
  • Klik tombol dropdown Color, kemudian tentukan jenis warna yang akan menghiasi slide Anda
  • Klik salah satu jenis warna yang akan digunakan, misalnya Office. Dengan mengikuti langkah tersebut halaman slide yang dipilih sudah berubah warnanya
Membuat Nama Baru
Dengan menggunakan pilihan warna seperti yang telah dijelaskan di atas sudah bisa mengubah penampilan halaman slide presentasi Anda. Kadang-kadang, warna yang dipilih tersebut bisa disimpan agar sewaktu-waktu bisa digunakan kembali untuk mengubah penampilan halaman slide baru yang akan dibuat.
Untuk mengubah atau membuat nama baru dari pilihan warna tersebut langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:
  • Tampilkan slide yang akan ditangani
  • Klik menu Design dan klik tomol dropdown Color
  • Klik tombol Create New Theme Colors, setelah itu segera tampil kotak dialog Create New Theme Colors
  • Atur komposisi warna sehingga sesuai keinginan Anda
  • Ketikkan nama Themes baru Anda di kolom Name. Di sana masih terlihat nama themes dengan Custom1. Ubahlah nama Custom1 menjadi Laihan
  • Klik tombol Save untuk menyimpan Themes baru Anda.
Mengatur Huruf
Huruf dalam slide bisa diatur baik ukuran, jenis maupun warnanya. Caranya pun bisa berbeda-beda sesuai keinginan. Pengaturan jenis huruf yang dijelaskan di sini adalah cara yang paling mudah dlakukan karena cukup dengan mengklik salah satu pilihan yang ada.
Sebagai bahan latihan ikuti beberapa angkah berikut ini:
  • Tampilkan slide yang akan ditangani
  • Kli salah satu halaman slide yang akan diubah jenis hurufnya
  • Dengan mengikuti dua langkah tersebut secara otomatis huruf dalam halaman slide yang sedang dikerjakan akan berubah sesuai keinginan Anda.
Anda juga bisa menyimpan pilihan huruf ini. Caranya hampir sama seperti yang telah dijelaskan di atas dalam pembuatan themes. Jadi apabila Anda akan menyimpan perubahan huruf ini lakukan caranya seperti yang telah di jelaskan di atas.
Mengatur Effek
Jika perlu Anda bisa mengatur efek tampilan slide Anda. Tepai kadang-kadang hal ini jarang dilakukan karena ketika Anda memilih salah satu halaman slide lengkap dengan themesnya secara otomatis efek ini sudah disertakan. Namun demikian sebagai bahan latihan Anda bisa juga menggunakan pilihan ini untuk memperindah halaman slide Anda.
  • Tampilkan salah satu slide yang akan ditangani
  • Pilih salah satu halaman slide
  • Tampilkan menu Gesign
  • Klik tombol dropdown Effect.
  • Klik salah satu pilihan efek yang sesuai, misalnya Aspect, dengan demikian efek telah berubah.
Mengatur Background Style
Jika diperlukan background style dalam suatu slide juga bisa diubah sesuai selera. Di sini Anda bisa mengubah satu halaman sesuai dengan yang dipilih atau seluruh halaman dalam slide yang sedang dikerjakan. Jika Anda memilih Apply to All Slides, maka sluruh slide dalam file tersebut akan diubah background styenya. Adapun cara yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:
  • Tampilkan file slide yang akan ditangani
  • Klik salah satu halaman slide yang akan diubah background stylenya
  • Klik menu Gesign
  • Klik tombol dropdown Bakground Style
  • Klik kalan di atas salah satu pilihan bakground style yang akan digunakan
  • Klik Apply to All Slides jika akan mengubah seluruh halaman slide dalam file yang ditangani, atau cukup memilih salah satu halaman saja. Jika akan mengubah background style salah satu halaman slide Anda klik kanan pada pilihan Background Style, lalu pilih dan klik Apply to Selected Slides
#

0 komentar:

Posting Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...