Jumat, 01 April 2011

Mengenal Ribbon Office 2007

Salah satu perbedaan yang sangat berarti antara Microsoft Office versi sebelumnya dengan Microsoft Office 2007 adalah dengan adanya Ribbon. Pada versi sebelumnya Microsoft masih menggunakan menu yang di dalamnya terdapat beberapa sub menu. Dengan adanya sub menu-sub menu ini pemakai jarang yang bisa memanfaatkan fasilitas tersebut secara maksimal karena tidak sedikit submenu-submenu tersebut tersembunyi dan tidak tersentuh oleh pemakai.
Pada Microsoft Office 2007 ini Microsoft memperkenalkan Ribbon yang merupakan fasilitas canggih yang tidak dimiliki oleh aplikasi manapun untuk saat ini. Dengan menu Ribbon ini pemakai tidak lagi direpotkan dengan berbagai menu dan sub menu yang ada dalam suatu aplikasi.
Ribbon adalah suatu cara baru untuk mengelompokkan menu dalam toolbar. Dengan fasilitas ini pemakai tidak lagi direpotkan dengan bermacam-macam menu berbasis teks karena menu-menu dikelompokkan pada toolbar berupa ikon-ikon cantik dan canggih.
Kelebihan menu Ribbon ini adalah bahwa masing-masing menu dapat diakses dengan satu kali klik dan tidak perlu harus keluar masuk menu untuk menemukan fasilitas yang diperlukan. Selain itu fasilitas Ribbon ini bisa ditampilkan atau disembunyikan sesuai selera dengan menekan atau mengklik dua kali di tab menu mana saja untuk menyembunyikanya. Begitu juga untuk menampilkan kembali menu-menu tersebut klik duali di salah satu menu yang ada di ikon untuk menampilkan kembali ikon-ikon yang ada. Selain dengan mengklik menu pemakai bisa juga dengan menekan tombol tombol CTRL dan F1 secara bersamaan.
#

0 komentar:

Posting Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...